Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra di Polres Humbang Hasundutan

img_9581
Polres Humbang Hasundutan melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka operasi zebra 2016, di Desa Tapian Nauli Kecamatan Lintongnihuta, Rabu (16/11) . Apel itu dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Pabung TNI Mayor M Junedi Tarigan, Bambang SH, Kemenag Humbahas J Limbong SAg dan beberapa pimpinan SKPD Pemkab Humbang Hasundutan.Amanat Kepala Kops Lalu Lintas Polri Irjen Drs Agung Budi Maryoto yang dibacakan Kapolres Humbahas AKBP Dr Idodo Simangunsong SIK  mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan. Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya. Dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas.
Guna mengatasi permasalahan lalu lintas, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lalu lintas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Maka diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas. Sehingga tercipta keterpaduan   langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.
img_9585
Amanat UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yaitu bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas). Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Membangun budaya tertib berlalu lintas. Kemudian meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.  Kebijakan nawa cita Presiden RI yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri yang disebut program (promoter) profesional, moderen dan terpercaya. Profesional yaitu meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan. Serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan dan dapat diukur keberhasilannya. Modern yaitu melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung tehnologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses masyarakat. Sedangkan terpercaya yaitu melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan.
Dalam operasi zebra ini, ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran batas kecepatan dan melawan arus lalu lintas khususnya kenderaan motor roda dua. Dengan dilakukannya penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi zebra diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatkan displin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan berlalu lintas. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. Terwujudnya situasi kamseltibcar lantas menjelang perayaan Natal tahun 2016 dan tahun baru 2017.
img_9597
Irjen Pol Agung juga menyampaikan penekanan dan arahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu selalu bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas. Peningkatan displin anggota Polantas dan terwujudnya pelayanan Polantas yang bersih dari KKN. Bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas. Kemudian terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.
Dalam apel itu, AKBP Idodo Simangunsong menyematkan pita operasi zebra kepada Sertu TNI H Tambunan, Brigda Pol Andri Agassi NST, Brigda Pol Rasyid SR, Brigda Pol Maulana dan Marno Antony Manullang (Dinas Perhubungan).

Comments

Popular posts from this blog

Humbang Hasundutan people seek land-dispute resolution

Perjanjian Fedusia

Pemkab Humbahas Kembali Targetkan WTP 2014