722 polisi amankan Pilkada Taput

MEDAN - Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengerahkan 722 personel untuk mengamankan pemilihan kepala daerah di Kabupatan Tapanuli Utara yang akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2013.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan di Medan, mengatakan, dari Polres Tapanuli Utara, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 302 orang.

Sedangka personel yang diperbantukan berasal dari Polres Tebing Tinggi, Polres pematang Siantar, Polres Simalungun, Polres Toba SamosiR, Polres Samosir, dan Polres Humbang Hasuntutan dengan jumlah 420 personel.

Jumlah personel pengamanan tersebut didukung pengerahan Satuan Brimob Polda dari Detasemen C di Padang Sidimpuan dan Detasemen B yang bermarkas di Tebing Tinggi. "Satuan Brimob yang dikerahkan sebanyak dua satuan setingkat kompi (SSK)," katanya, kemarin.

Untuk memaksimalkan pengamanan, dikerahkan juga prajurit dari Kodim 0210/Tapanuli Utara yang berjumlah 120 personel dan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebanyak 1.254 orang. Dalam pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS), pihaknya menerapkan pola yang berbeda sesuai dengan tingkat kerawanan masing-masing.

Untuk daerah yang dianggap rawan, baik karena kemungkinan adanya kerusuhan atau manipulasi penghitungan suara, diterapkan pola 1:1:2 atau satu polisi menjaga satu TPS dibantu dua petugas linmas.

Sedangkan untuk daerah yang dianggap rendah potensi kerawanan diterapkan pola 1:2:4 atau satu polisi menjaga dua TPS dibantu empat petugas linmas.

Menurut catatan, pilkada Tapanuli Utara diikuti tujuh pasangan calon yakni Sanggam Hutagalung dan Sahat Sinaga (nomor urut 1). Kemudian, pasangan Ratna Ester Lumbantobing dan Refer Harianja (nomor urut 2), serta pasangan Bangkit P Silaban dan David Hutabarat (nomor urut 3).

Setelah itu, pasangan Saur Lumbantobing dan Menerep Manalu (nomor urut 4) serta pasangan Nikson Nababan dan Mauliate Simorangkir (nomor urut 5).

Selanjutnya, pasangan Bangun Simanjuntak dan Marulum H Situmeang (nomor urut 6) serta pasangan Mangan Sibarani dan S Nababan (nomor urut 7). Daftar pemilih tetapi (DPT) dalam pilkada tersebut sebanyak 199.082 jiwa yang akan menggunakan hak suara di 627 TPS.

Comments

Popular posts from this blog

Humbang Hasundutan people seek land-dispute resolution

Perjanjian Fedusia

Pemkab Humbahas Kembali Targetkan WTP 2014